Rocky Gerung Sedang Berkibar


Pengamat politik Rocky Gerung, kini sedang menjadi sorotan publik Tanah Air, menyusul pernyataannya yang menyebut kitab suci itu fiksi.

twitter.com/rockygerung
Pernyataan Gerung ini menjadi kontroversi karena ada orang-orang yang menganggap apa yang dikatakannya bisa dibawa ke ranah hukum dengan tuduhan menyebar ujaran kebencian.
Hal itu terbukti dengan dilaporkannya Rocky oleh Permadi Arya alias Abu Janda ke Markas Polda Metro Jaya, terkait perkataan Gerung di acara Indonesia Lawyers Club (ILC) pada Selasa, 10 April 2018.


Laporan tersebut tertuang dengan nomor polisi TBL/2001/IV/2018/PMJ/Dit.Reskrimsus tertanggal 11 April 2018. Perkara yang dilaporkan adalah dugaan menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan suku, agama, ras, dan antargolongan.
Seperti tertulis di Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45 A ayat (2) UU RI No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI No 11 Tahun 2008 tentang ITE.
Di ILC, Rocky Gerung menuturkan, saat ini kata fiksi dianggap negatif karena dibebani kebohongan, sehingga fiksi itu selalu dimaknai sebagai kebohongan.
"Fiksi adalah energi yang dihubungkan dengan telos, dan itu sifatnya fiksi. Dan itu baik. Fiksi adalah fiction, dan itu berbeda dengan fiktif," ujarnya. Telos sendiri dalam bahasa Yunani berarti ‘akhir’, ‘tujuan’, atau ‘sasaran’.
Dia memperjelas jika fiksi itu baik, sedangkan yang buruk adalah fiktif.
Dosen mata kuliah filsafat itu mengambil contoh Mahabharata. Menurutnya, Mahabharata adalah fiksi, tapi itu bukan fiktif. Rocky berargumen, fiksi itu kreatif. Sama seperti orang beragama yang terus kreatif dan ia menunggu telosnya.
"Anda berdoa, Anda masuk dalam energi fiksional bahwa dengan itu Anda akan tiba di tempat yang indah,” ujarnya menjelaskan.
Rocky menambahkan, dalam agama, fiksi adalah keyakinan. Dalam literatur, fiksi adalah energi untuk mengaktifkan imajinasi.
"Kimianya sama, dalam tubuh sama, dan jenis hormon yang diproduksi dalam tubuh sama," ujarnya.
Dengan mencuatnya nama Rocky Gerung, banyak juga masyarakat yang ingin tahu siapa sebenarnya Rocky, dan bagaimana sepak terjangnya di dunia filsafat dan politik.
Yang terbaru, status Rocky di Universitas Indonesia, jadi perbincangan. Namun, secara tegas UI Depok, menyatakan bahwa Rocky Gerung bukan dosen di kampus kuning itu.
"Gimana jadi dosen? Orang jadi dosen itu kan, syaratnya harus S2. (Jadi) Pecat gimana? Itu hoax," kata Rektor UI, Prof. Muhammad Annis, saat dikonfirmasi VIVA, usai menghadiri dies natalies Fakultas Administrasi UI, di Depok, Jawa Barat, Jumat 13 April 2018.
Karena itu, UI mengharapkan, tidak ada yang mengkaitkan antara UI dengan Rocky Gerung. Meski demikian, UI tetap mengakui Rocky merupakan salah satu alumni.
"Ya enggak lah (dosen). Alumni UI, ya jelas, Kapan pun dia alumni," ujar.
Rocky dikaitkan publik dengan UI, karena Gerung pernah menyatakan dirinya 15 tahun mengajar di UI. Pengakuan itu dikatakan Gerung melalui kicauan di Twitter.
"Saya 15 tahun mengajar di UI. Yang minta UI, bukan saya. Gaji saya? Saya sumbang buat civitas UI. Mengapa? Ya, gue gak miskin. Ajaib?"
 Ternyata Rocky Gerung, bukan orang misterius, ada banyak cerita tentang kehidupan pria itu, yang diungkapkan orang-orang yang pernah mengenal dan dekat dengan Rocky, sejak dahulu. Terutama ketika kuliah.
Salah satunya ialah seorang pengguna akun Facebook, Selamat Ginting. Di akunnya Selamat menceritakan tentang kisahnya bersama Rocky Gerung.
Tribun News
Menurut Selamat, Rocky merupakan orang hebat yang ideologinya cenderung 'jalan kiri'. Rocky bahkan pernah kuliah di dua fakultas berbeda di UI, dalam waktu bersamaan. Yakni di Ilmu Filsafat dan Ilmu Politik.
Mahfud MD Menilai Ucapan Rocky Gerung Tak Perlu Dilaporkan Polisi
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD berpendapat kasus Rocky Gerung seharusnya tak perlu dilaporkan ke polisi. Sebab, menurut dia, pernyataan Rocky soal kitab suci fiksi itu disampaikan dalam diskusi yang sedang membahas mengenai konsep.
“Tapi kalau ada yang mau melaporkan, ya, silakan saja,” kata Mahfud saat dihubungi Tempo, Sabtu, 14 April 2018.
Dalam cuitan di akun twitter-nya , Mahfud menilai Rocky Gerung seharusnya cukup bertanggung jawab secara keilmuan saja soal pernyataannya kitab suci fiksi. Menurut dia, Rocky tak harus bertanggung jawab pidana. “Kalau perlu biar dijernihkan dalam prespektif ilmu secara terbuka,” kata dia.
Sebelumnya, Rocky Gerung  dilaporkan ke polisi atas dugaan penistaan agama oleh Ketua Cyber Indonesia Permadi pada Rabu, 11 April 2018. Adapun pernyataan Rocky yang dilaporkan itu saat dia menjadi pembicara  di acara siaran langsung Indonesia Lawyers Club di studio TV One, Selasa malam, 10 April 2018. Dalam diskusi tersebut, Rocky mengungkapkan kalau kitab suci bersifat fiksi.
Rocky Gerung itu dianggap melanggar Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45 ayat 1 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik, yakni dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA). Ancaman pidana pelanggaran ini maksimal 6 tahun penjara atau denda maksimal Rp 1 miliar.
Namun Mahfud menyarankan agar proses hukum sebaiknya menangani kasus-kasus yang besar lebih dulu, misalnya kasus korupsi yang telah menyandera Indonesia. 

Info : Kompas.com




Rocky Gerung: Pembuat Hoax Terbaik adalah Penguasa ! Siapakah Dia ?
Berita hoax akhir-akhir ini sedang booming sekali di Indonesia. Sampai pada akhirnya pemerintah Indonesia membuat gerakan untuk melawan hoax.

Dosen di Departemen Filsafat Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB-UI), Rocky Gerung menyampaikan sebuah kritik keras kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam menangani permasalahan hoax atau berita bohong yang belakangan ini lagi sangat booming. Menurut dia, pemerintah pada saat ini sedang panik.

“Kita mencium ada semacam kepanikan di dalam rezim ini. Orang panik biasanya ingin cari pegangan apa saja. Kayak orang hanyut, dia mau raih apa saja. Entah itu kaleng bekas hanyut, batang pohon. Jadi kepanikan menunjukkan ada krisis, sebenarnya," kata Rocky dalam acara Indonesia Lawyer Club (ILC) yang bertemakan Hoax di TVOne, Selasa (17/1), malam.

Menurut Rocky, rezim saat ini semacam ingin mengendalikan kebenaran sesuai dengan standarnya. Dia pun mencurigai ada suatu kebohongan yang sedang disembunyikan dalam upaya keras pemerintah untuk melawan hoax. “Rezim itu, kalau dia terus menerus mengendalikan kebenaran, artinya ada kebohongan yang hendak disembunyikan," kata Rocky.

Sementara, dia menilai bahwa pembuat berita bohong terbaik pada saat ini adalah pemerintah yang sedang berkuasa. “Pembuat berita hoax terbaik adalah penguasa,” katanya. Alasannya, penguasa mempunyai seluruh peralatan dankendali untuk berbohong. Intelijen, kata dia, pemerintah punya, begitupun data statistik dan media. “Tapi itu faktanya. Hanya pemerintah yang mampu berbohong secara sempurna," kata Rocky.

daftar pencarian google :

politik
politik luar negeri
politik luar negeri indonesia
politik adalah
politik indonesia
politik pintu terbuka
politik bebas aktif
politik dumping
politik malaysia
politik devide et impera
politik mercusuar
politik etis
politik adu domba
politik aliran
politik adu domba dikenal dengan politik
politik air hangat
politik apartheid di afrika selatan
politik apartheid adalah
politik aliansi
politik anggaran
politik agraria
a politik adalah
a politik facebook
a politik izle
a politik savcı sayan
apolitik ne demek
a politika fogalma
a politik mehmet toprak kimdir
apolitik nedir
a politik hangi kanalda
a politika szó jelentése
politik balas budi
politik balas budi meliputi
politik belah bambu
politik belanda sebagai balas budi terhadap indonesia disebut
politik balas budi disebut juga dengan politik
politik berita
politik bebas aktif dicetuskan oleh
politik berasal dari bahasa yunani yaitu
politik balas budi belanda kepada daerah jajahannya termasuk indonesia dikenal dengan nama
b politiko
b erita politik
b.stabilitas politik dan rehabilitasi ekonomi
kebijakan politik b.j habibie
perkembangan politik b.j habibie
berita politik b.sunda
politika b 92
politikwissenschaft b.a
politiker b
politiko b.dk
politik cina
politik cash ratio
politik capres
politik china
politik cinta
politik cakrawala mandala
politik cerdas
politik cadangan kas
politik capres 2019
politik containment dikeluarkan oleh
c. perkembangan politik setelah 21 mei 1998
politika s petrom tolstim
washington d.c. politik
c c buchner politik co
politika c market
ceshte politika
c market politika ekonomija
c-uppsats politik
samfundsfag c politik
c eshte politika financiare
politik dagang sapi
politik diskonto
politik dalam islam
politik di indonesia
politik dumping adalah
politik dan strategi nasional
politik dinasti
politik dalam negeri
d politika
sistem politik di indonesia
budaya politik di indonesia
perkembangan politik di indonesia
partai politik di indonesia
sejarah politik di indonesia
sistem politik di berbagai negara
contoh politik di indonesia
struktur politik di indonesia
politik etis untuk pertama kalinya dicetuskan oleh
politik ekonomi liberal
politik etis dalam bidang pendidikan hanya menguntungkan belanda disebut
politik etis dan pergerakan nasional
politik etis dan dampaknya
politik etis dapat diartikan sebagai politik balas
politik etis belanda
politik elektoral adalah
politik etis belanda menjadi bumerang bagi belanda karena
e-politikon
e politika
e politik wissenswerte
e-politik globalisierung
e-politik migration
e-politik welthandel
menschenrechte politik
politiken e avis
politika e jashtme
politikat e bashkimit evropian
politik fiskal
politik filipina
politik filsafat
politik fpi
politik fiskal adalah
politik feodal
politik fadli zon
politik fasis
politik fasisme
politik finlandia
ausweis f politik
institut für politikwissenschaft
f&e politik
kennedy john f politiker
politik film
politika f
politiken.f
politika f'malta
christiane f politiken
k+f politika
politik global
politik gatot nurmantyo
politik gajah mada
politik gerindra
politik gerilya
politik glasnost dan perestroika dicetuskan oleh
politik gus dur
politik generasi milenial
politik gender
politik gereja
g politika
politik g 30 s pki
dampak politik g 30 s pki
tahanan politik g 30 s pki
budaya politik g almond
politiker g
g7 politiker
g fodor gábor politikai termék
seç g politikası
román politikus g
politik hukum
politik hari ini
politik hakko ichiu
politik hukum kenotariatan
politik hukum indonesia
politik hukum agraria
politik hukum pidana
politik hukum pdf
politik hukum nasional
politik hukum islam
η πολιτικη κουζινα#
pemikiran politik h.o.s tjokroaminoto
pemikiran politik h agus salim
h&m retur politik
h&m politik
h für politik münchen
politik h prostas ia
politik h
politikh amyna
politik h astrologia
politik internasional
politik identitas
politik islam
politik isolasi
politik isolasi jepang
politik indonesia saat ini
politik itu apa
politik itu kejam
politik identitas pdf
i politiki kouzina
politik i usa
politic in england
etika politik
politiken i byen
politika i istina
politika i gospodarstvo skripta
politika i gospodarstvo matura
norge politik
dänemark politik
politik jokowi
politik jepang
politik jateng
politik jawa tengah
politik jokowi terbaru
politik jepang di indonesia
politik jabar
politik jaman now
politik jerman
politik jahat
dj politik
dj politik net worth
dj politik schedule
dj politik bio
dj politik real name
dj politik instagram
dj politik wiki
dj politik tao
dj politik twitter
dj politik review
politik kolonial liberal
politik kerajaan demak
politik kbbi
politik kotor
politik kerajaan kutai
politik kampus
politik kerajaan sriwijaya
politik konfrontasi
politik kerajaan tarumanegara
politik kaula
k-politika.ru
k.j holsti politik internasional
politiken dk
kontra k politik
p&k politik und kommunikation
k.i.z politik
søren k politiken
alberto k politiken
søren k politiken plus
politik luar negeri bebas aktif
politik luar negeri indonesia dalam menjalin hubungan internasional
politik luar negeri pada masa orde baru
politik luar negeri pada masa demokrasi terpimpin
politik liberal
politik luar negeri indonesia diabdikan untuk kepentingan
politik luar negeri ditujukan untuk kepentingan
politik luar negeri bebas dan aktif dilaksanakan berdasarkan landasan apa saja sebutkan
politik asyl
politika l
politiko l
l'ostpolitik
l realpolitik
l'education nationale politiken
l simon lászló politikus
asiatisk politiker l
politiken l
irreal politik
politik menurut para ahli
politik menurut islam
politik merupakan instrumen utama untuk menggerakkan
politik malaysia terbaru
politik menurut aristoteles
politik merdeka
politik media
politik menurut kbbi
politiker mit a
m politiker död
m.kaskus politik
m taopan kesadaran politik
politikwissenschaftler m.a
m.a. politikwissenschaft
m thatcher politik
politik nasional
politik nasional adalah
politik negara
politik nu
politik netral
politik news
politik nefo
politik nilai
politik negara indonesia
politik non blok
n politika
politik n pemerintahan
berita n politik
berita politik dan hukum
kaskus berita dan politik
politik n
politike n
ntv politik
politikon
politik oligarki
politik orde baru
politik organisasi
politik otoriter
politik orde lama
politik orba selain penggabungan parpol
politik oligarki di indonesia
politik olahraga
politik oposisi
politik otonomi daerah
no politik
no politik no sara
no politik side
no politics
o politika
ø politik
o politike
ο πολιτικος
ø politikken
no politica
politik praktis
politik pasar terbuka
politik pintu terbuka artinya
politik pecah belah
politik pasar terbuka adalah
politik parokial
politik partisipan
politik prabowo
politik pecah belah voc disebut
politik quotes
politik qatar
politik quo
politik quiz
politik quiz 2015
politik quiz für schüler
politik quiz zum ausdrucken
politik quiz fragen und antworten
politik quiz österreich
q-politik leitbild
tony q politik
t q politik
tony q politik lirik
toni q politik mp3
chord tony q politik
download tony q politik
s q politik
s q politik beispiel
r q politik
politik revanche
politik rasulullah
politik rente
politik reaksioner
politik rusia
politik regional
politik riau
politik reformasi
politik romawi kuno
politik rente adalah
rmol politik
politikus.ru
politika.sr
politika r.s
r s politik
r s politik vorteile
yeni zg r politika
r s q politik
(r)evolution der politikberichterstattung im medienwandel
politik sara
politik strategi nasional
politik sengkuni
politik seword
politik self help
politik sosial
politik sentralisasi
politik santun
politik sakoku
politik sby
s politiky
s politiky netančím
s politiky netančím online
s politiky netančím zeman
s politiky netančím download
s politiky netančím mp3
s politikmi
s politiky netančíme
politika s petrom tolstim 2015
politik terkini
politik terbaru
politik tirai besi
politik tanam paksa
politik tirai bambu
politik transaksional
politik terbuka
politik timur tengah
politik today
politik terbaru jokowi
politik t-shirts
t e s i s politik
politik t shirt
t online politik
soom t politiks man
t s politik sicherheitsbestand
t s q politik
t-online nachrichten politik
t-shirt sprüche politik
politik uang
politik uang dalam pemilu
politik unsoed
politik uang mencederai demokrasi jelaskan menurut anda
politik uang di indonesia
politik uang pdf
politik uang dalam pilkades
politik uang dalam pilkada
politik ui
politik ustadz zainal abidin
uu politik
uu politik uang
uu politik apartheid
uu politik luar negeri
uu politik bebas aktif
uu politik luar negeri indonesia
uu politik terbaru
uu politik 1985
uu politik dinasti
uu politik tahun 1985
politik voc
politik van deventer
politik van de venture
politik vietnam
politik virtual
politik viral
politik venezuela
politik vs hukum
politik van deventer adalah
politik vatikan
v politike
v politike ta3
v politike dnes
v politike ta3 archiv
v politike ta3 hostia
v politike archiv
v politike markiza
v politike kotleba
politika v čr
politika v sloveniji
politik wikipedia
politik westernisasi dari mustafa kemal pasha
politik wanita
politik will adalah
politik wahabi
politik wawasan nusantara
politik warga negara
politik wakatobi
politik westernisasi mustafa kemal pasha
politika.rs
politiker w
3 w politik
w ww.politika.rs
leiter (m/w) politik/government affairs
ww w.politiken.dk
w politikie sentymentów niet
politik xi jinping
politik xanana gusmao
politik xanana
politik xxi
polit x
politik xavier naidoo
budaya politik xi
budaya politik xi sma
budaya politik xi semester 1
politik pkn kelas xi
politiken x factor
third ear x politiken
xindl x politika
politik yunani
politik yang ada di indonesia
politik yang baik
politik yunani kuno
politik yang didasarkan pemisahan warna kulit di afrika selatan disebut sebagai politik
politik yang diterapkan penjajah belanda
politik yang cenderung menguntungkan orang yahudi
politik yang digunakan belanda untuk menguasai raja-raja di indonesia adalah
politik yg baik
politik yang sehat
politique y'u burundi
generation y politik
y özgür politika
politiki y'u rwanda
politike y'urwanda
politiki ubuhinzi mu rwanda
politike y'u burundi
politiki y'u burundi
politike y'iburundi
politik zaman rasulullah
politik zaman now
politik zaman sekarang
politik zaman dulu dan sekarang
politik zionisme
politik zaman belanda
politik zaman mesolitikum
politik zaman megalitikum
politik zakat
politik zaman orde baru
z politiky netančím
z politik film
я политика
z politiky
politikin z
politikerin
aktualita z politiky
generation z politik
z avagy egy politikai gyilkosság anatómiája
politik 02
politik 05.11.14
politik 05.12.14
0 politik
politik_07
politik top 09
politik i 00'erne
0 toleranz politik
0 sorun politikası
0 sukkerpolitik
politik 1965
politik 1998
politik 10 april 2018
politik 1996
politik 1959
politik 1984
politik 1928
politik 1997
politik 1989
politik 1950
1.politika
politika 1 kanal
politika 1 dítěte
politikwissenschaft 1. semester
politik 1 hhu
politika 1 djeteta
politiker 1. weltkrieg
politik simulator 1
politika 1 tv
politik 1 und 2 stimme
politik 2019
politik 2018
politik 212
politik 2 kaki
politik 2017
politik 2016
politik 2018 di indonesia
politik 2018 dan 2019
politik 2018 indonesia
politik 2014
2 politik luar negeri
2 politik luar negeri indonesia di era globalisasi
2 politiker küssen
politik simulator 2 rulers of nations crack
wilhelm 2 politik
2 landasan politik luar negeri indonesia
2 ciri politik luar negeri indonesia
2 faktor politik yang memperlancar penyebaran agama islam di indonesia
2 kecenderungan politik sesudah jatuhnya pemerintahan orde baru
2 sifat politik luar negeri indonesia
politik 3a jepang
politik 3.0
politik 3g
politik 38
politik 3 dimensionen
politik 300 fragen
politik 3 gewalten
politik 3 weltkrieg
3 politik etis
3 program politik etis
3 politik balas budi
3 politik etis belanda
3 politik agraria yang pernah berlaku di indonesia
3 politik yang diterapkan voc
3 politik luar negeri indonesia
3 politik yang diterapkan voc ketika menguasai nusantara
3 politik dimensionen
3 politikbegriffe
3 politikbereiche der eu
politik 4.0
politik 40er
politik 4. klasse
politik 4 stündig
4 politik merkantilisme
4 politik luar negeri indonesia
marketing politik 4p
puisi politik 4 bait
anekdot politik 4 orang
sistem politik 4 variabel
4 partai politik pemenang pemilu 1955
4 tujuan politik luar negeri indonesia
4 objek politik
4 sifat politik luar negeri indonesia
4 sistem politik menurut alfian
4 fungsi politik bagi manusia
4 partai politik yang memperoleh suara terbanyak pada pemilu 1955
4 kebijakan politik luar negeri pada awal pemerintahan orde baru
politik 50er
politik 5 klasse gymnasium
politik 5.3.18
politik 5 klasse gymnasium thema geld
politik 5. klasse realschule
politik 5.klasse themen
politik 5 klasse bedürfnisse
politik 5.klasse geld
politik 5. klasse demokratie
politik 5 prozent hürde
5 politik propaganda jepang
5 politik harga yang dilakukan pemerintah
5 politiker deutschland
5 fungsi politik
5 sistem politik selain demokrasi
5 konsep politik
5 partai politik
5 hak politik yang dimiliki warga negara
5 aliran politik menurut herbert feith
5 sistem politik
politik 60er
politik 68er
politik 6. klasse
politik 60er jahren deutschland
politik 6. klasse gymnasium
politik 65
politik 60er deutschland
politik 6 kommunikation
politik 60er usa
politik 60er ddr
6 politik yang digunakan bangsa barat di indonesia
6 politik masa orde baru
6 politik proteksi
liputan6 politik
6 agen politik
6 sarana politik
6 sistem politik
6 implementasi politik dan strategi nasional dalam bidang pembangunan nasional
6 perilaku politik
6 kebijakan politik pada masa orde baru
politik 70er
politik 7. klasse
politik 7. klasse gymnasium
politik 7 klasse realschule
politik 7 klasse demokratie
politik 7 tage rückblick
politik 70er ddr
politik 7 tage
7 politik hukum dalam uud 1945 baru
berita politik 7 september 2015
7 tokoh politik
7 fungsi politik
7 suprastruktur politik
7 kebijakan politik pemerintah orde baru
7 infrastruktur politik indonesia
7 unsur politik
7 konsep politik menurut miriam budiardjo
7 partai politik peserta pemilu 2014
7 fungsi politik menurut almond
politik 80er
politik 8 klasse gymnasium
politik 8.klasse demokratie
politik 80er brd
politik 8.klasse gym
politik 80er österreich
berita politik 8 maret 2016
berita politik 8 september 2015
berita politik 8 oktober 2015
drama politik 8 orang
8 partai politik 3 november 1945
8 fungsi politik
8 partai politik
8 partai politik yang dibentuk setelah dikeluarkan maklumat wakil presiden
8 partai politik pertama
8 fungsi partai politik
8 lembaga suprastruktur politik
8 fungsi sistem politik
8 ciri budaya politik
politik 9 naga
politik 98
politik 94
politik 94 prozent
politik 9. klasse gymnasium
politik 90er
politik 9. klasse gymnasium themen
politik 94 prozent lösung
politik 90er deutschland
politik 94 prozent spiel
9 kehebatan politik jokowi
9 partai politik peserta pemilu 2009
9 partai politik
9 partai politik berdasarkan maklumat 3 november 1945
9 konsep politik
9 prinsip politik dalam islam
9 asumsi politik
9 organisasi politik
pkn kelas 9 politik luar negeri
berita politik 9 april 2015



0 Komentar

Silahkan beri komentar dengan bijak dan sesuai dengan topik artikel, karena semua komentar akan saya moderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Thanks :)

Salam Damai

Banner Iklan Sariksa
Banner Iklan Sariksa
Banner Iklan Sariksa