20 Des 2011

Tips Singkat Agar Cepat Mendapatkan Kehamilan

Tentunya para ibu setelah menikah mendambakan segera punya momongan, akan tetapi tidak sedikit yang sukar hamil setelah menikah. Berikut ini beberapa tips agar cepat mendapatkan kehamilan :

1. Berhentilah menggunakan alat kontrasepsi (apa pun jenisnya) clan mulailah melakukan hubungan seksual minimal sekali setiap 48 jam. Cara ini dapat menjamin kuantitas sperma agar tetap maksimal.

2. Usahakan untuk melakukan hubungan seksual dalam siklus ovulasi. Siklus ovulasi dimulai sekitar 14 hari sebelum menstruasi. Wanita tidak akan hamil kecuali jika dig mengalami ovulasi.

3. Wanita memiliki kemungkinan lebih besar untuk hamil jika posisinya berada di bawah saat suami mengalami ejakulasi. Setelah itu Anda dapat menahan agar tetap berada di posisi tersebut sambil sedikit mengangkat kaki untuk meningkatkan kemungkinan terjadinya fertilisasi (pembuahan).

4. Berhentilah berusaha terlalu keras untuk hamil. Terlalu memaksa kan diri hanya akan membuat Anda merasa tertekan, dan memperkecil kemungkinan untuk hamil.

5. Panas dapat mengurangi kuantitas sperma. Jadi, selama Anda berusaha untuk hamil, mintalah kepada suami untuk berhenti berendam dengan air hangat, mandi air hangat, mengenakan pakaian yang terlalu panas, terlalu banyak duduk, dll.
Jika suami terbiasa mengenakan celana dalam berbentuk caveat, tidak ada salahnya jika Anda meminta suami untuk menggantinya dengan celana dalam yang lebih longgar (bokser). Tujuannya agar kemampuan testis dalam mengatur suhu (mengurangi panas) tidak terhambat.

6. Jika Anda sudah lebih dari satu tahun lebih berusaha hamil tapi belum hamil juga (atau usia Anda sudah lebih dari 35 tahun clan sudah berusaha untuk hamil selama lebih dari 6 bulan), ada baiknya jika Anda clan suami berkonsultasi ke dokter kebidanan. Mungkin saja ada masalah pada sperma atau ovum yang memerlukan tindakan medis. Masalah tersebut dapat diketahui melalui tes medis. Setelah masalah ditemukan, dokter akan dapat memberikan saran mengenai tindakan apa saja yang perlu Anda lakukan.

7. Anda dan suami mungkin perlu berhenti merokok, mengonsumsi alkohol, obat-obatan atau suplemen tan-pa sepengetahuan dokter, kemudian membiasakan diri mengonsumsi obat-obatan clan suplemen, atau mengikuti terapi yang sesuai dengan anjuran dokter.

8. Rajin menjaga kebugaran tubuh dengan berolah raga, Berta mengikuti pola makan yang balk clan benar.

----------------------------------------------------------------------------------------------


Ingin Hamil, Nutrisi Makanan Yang Bagaimanakah?
Ingin Hamil, Nutrisi Makanan Yang Bagaimanakah? Tahukah anda bahwa nutrisi makanan yang baik akan membantu anda untuk mempersiapkan kehamilan. Nutrisi yang bagaimanakah yang anda perlukah, adakah makanan khusus? ----
Ketika anda mempersiapkan diri untuk dapat hamil, maka banyak hal yang sebaiknya anda pertimbangkan. Salah satu hal adalah mempersiapkan nutrisi yang baik buat tubuh anda. Dengan memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh sebelum kehamilan, ini memberi keuntungan bukan hanya untuk anda, tapi juga untuk persiapan bayi yang sehat nantinya.

Kesehatan anda sebelum hamil akan memberi pengaruh negative atau positif terhadap tubuh anda. Untuk itu mempersiapkan tubuh anda sebelum memasuki kehamilan adalah yang terbaik.

Konsultasikan dengan dokter anda, apakah anda perlu untuk menurunkan atau menaikan berat badan anda ke berat badan ideal untuk mempersiapkan kehamilan anda ini. Karena dengan berat badan yang normal, tidak terlalu berat atau terlalu kurun akan berhubungan dengan kehamilan yang sehat dan kesuburan yang terbaik.


Nutrisi makanan yang baik dalam mempersiapkan kehamilan:

Folic acid atau Folat.
Adalah vitamin yang dapat ditemukan pada sayuran berdaun hijau dan sereal, buah buahan seperti jeruk, anggur, dan buahan sitrus lainnya. Atau anda dapat mengkonsumsi dari vitamin tambahan anda sehari hari. Dosis yang dianjurkan adalah 400 mikrogram perhari.

Cara makan yang sehat.
Begitu anda mempersiapkan diri untuk hamil, maka sedapat mungkin, mulailah untuk makan yang lebih sehat dan dengan diet makanan yang seimbang. Untuk persiapan kehamilan, 3-4 bulan sebelum konsepsi (pembuahan terjadi) adalah saat yang baik untuk memulai makan dengan cara yang sehat.

Makanan yang rendah lemak, kaya akan serat dan vitamin folat sebaiknya sekarang berada pada daftar menu makanan sehat anda.

Stop minuman atau makanan yang mengandung kafein. Penelitian menyatakan bahwa mengkonsumsi kafein akan menurunkan kemungkinan dari seorang wanita untuk dapat hamil. Dan juga kafein meningkatkan kemungkinan terjadinya keguguran walaupun penelitian secara lanjut belum dipastikan, tetapi sangat beralasan untuk anda menghentikan atau menguranginya..

Kafein dapat didapatkan pada kopi, teh, coklat, dan juga beberapa obat flu atau sakit kepala, jadi sebaiknya baca label sebelum menggunakannya.

Stop alkohol, merokok dan obat-obatan yang berpengaruh buruk pada bayi.
Alcohol, merokok dan obat-obatan seperti kokain/morfin berpengaruh buruk pada bayi dan kehamilan oleh karenanya bila anda mempersiapkan diri untuk hamil.

Makanan khusus untuk hamil ?
Dalam ilmu pengetahuan tidak ada makanan yang khusus yang dapat meningkatkan kehamilan kecuali satu yaitu : Kerang. Beberapa ilmuwan menyarankan untuk memakan kerang karena kerang mengandung zinc dan kekurangan zinc dapat mempengaruhi kesuburan baik wanita atau pria.

Tetapi tetap diet makan sehat yang seimbang adalah yang terbaik untuk kesehatan anda secara keseluruhan dan kesuburan anda daripada hanya memakan saru atau dua macam makanan yang dianggap khusus untuk hamil.

Cobalah untuk makan secara seimbang dengan memvariasikan berbagai makanan sehat dalam diet seimbang anda.

Dan juga olahraga akan membantu kehamilan yang sehat, dan biasanya wanita yang melakukan olahraga secara teratur sebelum kehamilannya, akan melanjutkannya dalam program selama kehamilan. Konsultasikan dengan dokter anda olah raga yang terbaik untuk anda.

Ingat juga bahwa usia juga berpengaruh terhadap kesuburan wanita, kesuburan wanita biasanya akan mulai menurun setelah usia 35 tahun dan akan semakin menurun setelah 40 tahun dan setalah 45 tahun akan sulit untuk hamil, meskipun dengan mensturasi yang teratur.

-----------------------------------------------------------------------------------------------

Apa saja sih yang perlu dipersiapkan untuk mendapatkan kehamilan yang sehat ?


1. Pemeriksaan kesehatan secara teratur termasuk pengobatan penyakit yang diderita sebelum hamil sampai dinyatakan sembuh atau diperbolehkan hamil oleh dokter dan dalam pengawasan.

2. Menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh dengan olahraga teratur. Berusaha untuk menurunkan berat badan bila obesitas ( kegemukan ) dan menambah berat badan bila terlalu kurus.Anda bisa berkonsultasi dengan bidan dan dokter untuk dilakukan penilaian BMI atau indeks massa tubuh.

3. Menghentikan kebiasaan buruk misalnya perokok berat, morfinis, pecandu narkotika dan obat terlarang lainnya, kecanduan alkohol, gaya hidup dengan perilaku seks bebas.

4. Meningkatkan asupan makanan bergizi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat vitamin yang diperlukan tubuh dalam persiapan kehamilan , misalnya protein,vitamin E, vitamin C, asam folat, dan sebagainya.

5. Persiapan secara psikologis dan mental agar kehamilan yang akan dijalani tidak menimbulkan ketegangan. Hindari hal – hal yang akan memberi pengaruh buruk dalam keseimbangan hormonal. Misalnya tekanan psikis dalam rumah tangga, kehamilan yang menjadi beban misalnya tuntutan keluarga untuk mendapat jenis kelamin tertentu pada anak pertama, masalah ekonomi keluarga, kekerasaan dalam rumah tangga dan sebagainya.
Bagi yang pernah mengalami keguguran sebelumnya dan berniat ingin hamil lagi, berusahalah untuk mengurangi kecemasan akibat pengalaman traumatis kehamilan yang lalu. Tetap berpikir positif dalam segala hal agar kehamilan yang akan dijalani dapat berlangsung baik.

6. Perencanaan finansial yang matang untuk persiapan pemeliharaan kesehatan dan persiapan menghadapi kehamilan dan persalinan. Masalah ini menjadi salah satu faktor penting karena timbulnya ketegangan psikis, tidak terpenuhinya kebutuhan gizi yang baik pada kehamilan dan sebagainya tak jarang timbul akibat ketidaksiapan pasangan dalam hal finansial.

7. Jangan malu bertanya dan berkonsultasi dengan dokter atau bidan dan tenaga kesehatan lainnya bila menemukan masalah atau kesulitan dalam upaya persiapan kehamilan, misalnya kesulitan untuk melepaskan kecanduan obat, atau perilaku buruk yang berkaitan dengan gangguan psikologis. Manfaat konseling ini agar dokter atau bidan akan melakukan rujukan pada ahli psikologi atau psikiatri bila diperlukan.

--------------------------------------------------------------------------------------------

Tips Mengenal Tes Kesehatan Untuk Wanita
Bagi para wanita berapapun usianya, ada beberapa tes yang mesti dilakukan. Saat ini, banyak sekali penyakit yang sebetulnya dapat dicegah, lewat beragam tes yang dilakukan, demikian diungkapakan oleh Lori Fornan, M.D., seorang instruktur pada pengobatan klinik di Harvard Medical School. Berikut ini jenis perawatan kesehatan yang perlu dilakukan untuk kaum wanita, yang didasarkan pada usianya:

1. Usia 20-an. Di usia ini, Anda disarankan memeriksa kolesterol. Bila normal, tes biasanya harus diulang setiap 5 tahun. Anda harus rajin mencari pengetahuan soal kesehatan secara umum serta konseling kesehatan.

2. Usia 30-an. Di usia ini, Anda akan tetap melakukan tes yang sama dengan usia 20 tahun. Lakukan mammogram jika Anda mempunyai keluarga yang menderita kanker payudara. Anda pun harus mulai memperhatikan masalah kesehatan tulang. Hal ini amat perlu dilakukan, mengingat masalah osteoporosis dapat terjadi di sekitar akhir usia 30-an. Bagi wanita yang telah melahirkan disarankan untuk melakukan papsmear secara teratur setiap setahun sekali, untuk menjada kesehatan kondisi rahim dan organ reproduksi wanita,

3. Usia 40-an. Di awal usia 40 tahun, Anda dapat menambahkan mammogram untuk tes kesehatan. Mammogram sendiri untuk melihat adanya kanker payudara, yang direkomendasikan setiap tahun dari usia 40-50 tahun dan setiap tahun setelah itu. Dokter pun biasanya akan menyarankan untuk diet dan fitness. Tes lainnya unutk kanker colateral dan tes darah untuk mengatahui kondisi darah.

4. Usia 50-an. Di awal usia 50 tahun, Anda perlu menambahakan tes masa tulang, seperti halnya tes tiroid dalam daftar check up Anda. Di usia 55 tahun, Anda disarankan untuk mendapatkan vaksin influensa setiap tahun. Namun pada wanita yang memiliki asma atau masalah pernafasan sebaiknya diberikan vaksin influensa lebih awal.

------------------------------------------------------------------------------------------------

Terapi Musik Untuk Mengurangi Rasa Sakit Saat Persalinan

Ada beberapa metode yang tersedia untuk membantu ibu-ibu dalam proses persalinan di zaman yang modern ini, selain teknik persalinan normal yang sudah dikenal selama ini. Hampir semua metode ini menggunakan asumsi bahwa nyeri selama kehamilan terutama disebabkan oleh ketakutan yang berlebihan. Beberapa metode ini antara lain:

1. Metode Bradley, yang bisa dipelajari selama 12 minggu, mempersiapkan seorang wanita hamil secara emosional untuk membangun stamina, mengatur nyeri, dan membuat proses persalinan lebih efisien lewat kepercayaan dirinya sendiri. Metode ini menganjurkan ibu hamil didampingi suaminya, tanpa penggunaan bius epidural, operasi, ataupun alat-alat dan obat lain.

2. Teknik Alexander berfokus pada postur tubuh yang dapat mengurangi nyeri karena mereka percaya postur tubuh yang berbeda mempunyai fungsi yang berbeda bagi tubuh.

3. HypnoBirthing pada dasarnya adalah teknik hipnotis dengan 12 jam kursus dengan instruktur dan latihan hipnotis diri di rumah yang mengajarkan wanita hamil untuk menghilangkan nyeri persalinan.

4. Lamaze menggunakan teknik mengatur pernafasan selama persalinan, dan aktivitas seperti berganti posisi serta berjalan selama proses persalinan. Teknik ini juga menyertakan suami untuk ikut serta dalam proses persalinan dengan menggunakan alat khusus.

5. Terapi musik yang akan dibahas lebih lanjut dalam artikel berikut ini

Peneliti dari University of Western Sydney mengatakan bahwa terapi musik dapat membantu bayi-bayi yang sakit di ruang rawat intensif, dan membantu perkembangan tingkah laku normal si anak, serta membuatnya lebih tidak gampang rewel, menangis, atau sensitif. Penelitian yang dilaporkan pada Kongres Terapi Musik Dunia di Brisbane tahun 2005 ini menunjukkan bahwa bayi yang dirawat di ruang perawatan intensif rumah sakit dan mendapat 12 sesi terapi musik menjadi lebih tidak rewel dan tidak menangis berlebihan.

Dua hal ini berefek pada masa penyembuhan yang lebih cepat dan penambahan berat badan yang lebih cepat, yang akhirnya mengurangi masa tinggal di rumah sakit. Di Michigan State University, terapi musik ini tidak hanya dipergunakan untuk bayi dalam kandungan, tapi juga untuk ibu selama proses persalinan serta bayi baru lahir. Musik diperdengarkan langsung di samping ranjang pasien, sebagai bagian dari konsep perawatan holistik bagi semua rentang kehidupan. Beberapa dekade terakhir ini, musik juga mulai digunakan sebagai pengobatan anti kecemasan terutama pada pasien dalam kondisi kritis.

Pasien yang sedang dalam kondisi kritis mengalami tingkat kecemasan serta nyeri yang lebih daripada pasien lainnya terkait dengan luka dan penyakitnya. Implementasi dari terapi musik dapat mengurangi kecemasan serta nyeri tersebut, yang akhirnya berkaitan dengan proses pemulihan yang lebih cepat. Namun begitu, tetap diperlukan pengawasan lebih lanjut bagi terapis musik oleh terapis musik yang lebih berpengalaman. Bahkan beberapa sumber menyebutkan suatu episode epilepsi yang dirangsang oleh alunan musik ataupun nada musik tertentu. Hal ini disebut sebagai musicogenic epilepsy.

------------------------------------------------------------------------------------------
Kalimat Afirmasi dalam Relaksasi Hypnobirthing
Kalimat-kalimat di bawah ini ini bisa anda gunakan sebagai kalimat afirmasi dalam proses relaksasi Hypnobirthing. Jika anda memiliki kalimat afirmasi lain yang lebih cocok dengan kondisi anda sendiri, gunakan saja tanpa perlu merasa takut.
“ Aku berniat melakukan relaksasi demi ketenangan jiwa”
“ Aku merasa tenang dan damai saat ini”
“ Sekarang tubuh, otot dan pikiranku beristirahat.”
“ Aku bernapas dengan tenang dan teratur sesuai dengan niatku untuk rileks saat ini”
“ Emosiku Mulai merasakan stabil dan tenang “
“ Aku memiliki rasa percaya diri selama hamil “
“ Alam dan lingkungan selaras dan stabil, sesuai dengan kondisiku “
“ Aku menjalani Masa kehamilan yang tenang dan sangat menyenangkan
“Tubuh dan Janinku makin sehat “
“ Aku memberikan aura positif kepada janinku “
“Aku dapat melepaskan semua ketegangan yang ada di dalam diri”
“Bayiku terlahir sehat”
“ Proses persalinan ini berjalan sangat lancar,nyaman dan tenang”
“ Makin besar kehamilanku, makin bahagia perasaanku”
“Kepala bayiku berada di bawah, Siap untuk dilahirkan normal”
“ Proses kelahiran berjalan dengan cepat dan aman “
‘ Setiap tarikan Napasku membuat sehat janinku “
“ Aku bahagia menyambut kehadiran si cabang bayi “
“ semakin bahagia perasaanku karna bayiku sehat tubuhnya”
“ Aku memberikan Aura Positif kepada seluruh keluarga dan lingkungan “

------------------------------------------------------------------------------------------


14 Gangguan Kehamilan yang Perlu Diwaspadai
Gangguan kehamilan dapat terjadi kapan saja. Bisa pada saat kehamilan muda, atau pada masa kehamilan mulai menua, selain juga pada saat-saat menjelang persalinan. Setiap masa dalam kehamilan memiliki jenis gangguannya sendiri-sendiri.

Jenis gangguan kehamilan beragam, dari yang ringan sampai yang berat. Semua jenis gangguan kehamilan dapat diatasi. Beberapa di antaranya sebetulnya sudah dapat dicegah. Upaya pencegahan dapat dilakukan selama pemeriksaan kehamilan rutin. Sekurang-kurangnya, ada 14 jenis gangguan kehamilan yang mungkin timbul dan perlu diwaspadai. Apa saja?

1. Muntah-muntah
Normal jika mual dan muntah berlangsung dalam triwulan pertama kehamilan. Namun, jika muntah-muntah terjadi berlebihan sampai 7 kali dalam sehari, kondisi ibu menjadi lemah, tidak berselera makan, berat badan menurun, dan nyeri ulu hati. Keadaan demikian tidak boleh dibiarkan. Mintalah bantuan bidan atau dokter. Kemungkinan ibu hamil sedang mengidap penyakit berat dan memerlukan perawatan rumah sakit. Kekurangan makanan dan cairan perlu dikoreksi dengan pemberian cairan infus. Jika tidak dikoreksi, buruk pengaruhnya terhadap anak di kandungan maupun pada diri ibu sendiri.

2. Kehamilan lewat 5 bulan, tak merasa ada gerakan janin
Jika betul itu dialami, kemungkinan anak sudah mati dalam kandungan. Dokter dan bidan perlu segera memastikannya. Jika dari pemeriksaan tidak terdengar lagi bunyi jantung anak, berarti anak memang sudah mati. Bayi mati dalam kandungan harus segera dikeluarkan. Jika tidak dikeluarkan, dapat mengganggu ibu. Bayi mati di kandungan lama-lama akan mengering, dan perut ibu semakin susut mengecil. Ibu harus curiga bayi sudah mati dalam kandungan jika perutnya semakin hari semakin mengempis.

3. Berat badan naik berlebihan
Waspadalah jika berat badan ibu hamil naik lebih dari 1 kg dalam seminggu, terkadang disertai tungkai dan mata kaki yang membengkak, tekanan darah meninggi, air seni keruh, nyeri kepala, dan penglihatan berkunang-kunang. Kemungkinan itu merupakan gejala dan tanda pre-eclampsia, yang jika dibiarkan akan masuk ke dalam eclampsia, penyakit yang mengancam nyawa ibu maupun anak jika tidak segera ditanggulangi.

4. Gangguan ginjal
Ibu hamil juga dapat menderita gangguan ginjal. Sering demam-demam, air seni keruh, tekanan darah mungkin meninggi, sering mual-mual (lagi), atau sampai muntah-muntah, nyeri kepala, dan mungkin tidak enak di pinggang. Gangguan ginjal pada ibu hamil perlu segera diobati. Mungkin perlu perawatan rumah sakit.

5. Sering berdebar-debar, sesak napas, dan lekas lelah
Waspadalah jika keluhan tersebut berlangsung terus-menerus, dan kian hari kian bertambah berat. Jika tadinya keluhan itu muncul hanya pada saat melakukan aktivitas fisik, namun sekarang tidak melakukan aktivitas fisik pun sudah berdebar dan sesak napas, kemungkinan ada gangguan jantung dalam kehamilan (vitium cordis). Ibu dengan kondisi begini memerlukan perawatan khusus di rumah sakit, dan pertolongan khusus pula sewaktu persalinan.

6. Anemia
Jika wajah pucat-pasi, merah mata dan telapak tangan pucat, lekas lelah, lemah, dan lesu, kemungkian ibu hamil menderita kurang darah (anemia). Sel-sel darah merah kekurangan unsur hemoglobin. Pada ibu hamil, anemia sering disebabkan oleh kekurangan zat besi. Anemia yang berat bisa mengganggu jantung juga. Keluhan sering berdebar pada pasien anemia kemungkinan karena sudah sampai stadium membebani jantung.

Anemia kekurangan zat besi mudah diatasi dengan pemberian tambahan pil zat besi (sulfas ferosus), atau tablet penambah zat besi lainnya. Anemia dalam kehamilan berefek buruk pada kehamilan, selain juga berefek buruk pada janin yang dikandung. Pasokan zat asam janin kurang dari normal. Gangguan plasenta dan perdarahan pasca-persalinan sering terjadi pada ibu hamil yang anemia.

7. Gangguan kelenjar gondok
Jika kelopak mata sembab menonjol, tapi bukan sakit mata, jemari gemetar, sering berdebar-debar walau tidak habis melakukan aktivitas fisik, badan terasa lebih panas (gerah) dari biasa, dan banyak berkeringat, kemungkinan ini gejala aktivitas kelenjar gondok di batang leher berlebihan (hyperthyroid).

Kelenjar gondok tidak harus membengkak seperti pada penyakit gondok endemik akibat kekurangan iodium, namun fungsi gondoknya saja yang berlebihan, sehingga menimbulkan keluhan dan gejala seperti di atas itu. Agar tidak sampai mengganggu kehamilan, maupun janin yang dikandung, gangguan kelenjar gondok pun perlu diatasi.

8. Kencing manis
Ibu hamil dicurigai kencing manis jika bertubuh gemuk, berasal dari keluarga dengan riwayat kencing manis, mengeluh sering haus terus, banyak berkemih, dan merasa lapar terus. Ibu hamil dengan kencing manis akan melahirkan anak yang lebih besar dari normal. Seberapa bisa, kencing manis ibu hamil terkontrol agar tidak berpengaruh buruk terhadap anak yang dikandung. Pertolongan khusus perlu diberikan untuk bayi yang dilahirkan dari ibu yang kencing manis.
9. Ibu hamil dengan infeksi
Ibu hamil dengan demam tinggi dan berlangsung lebih dari 3 hari harus dipikirkan kemungkinan terjadi infeksi. Apa pun penyebab infeksinya, tidak menyehatkan bagi janin yang dikandung. Dokter perlu memeriksa kalau-kalau infeksinya berefek buruk terhadap anak.

10. Kejang-kejang
Ibu hamil dengan kejang-kejang tidak boleh dianggap enteng. Kejang-kejang sendiri bisa disebabkan oleh infeksi selaput otak (meningitis), atau pada otak sendiri (encephalitis). Namun, paling sering disebabkan oleh penyakit eclampsia seperti sudah dibahas di atas. Jangan tunda pergi ke dokter, sebab setiap kejang-kejang harus dianggap keadaan yang serius.

11. Keluar darah dan lendir dari liang rahim
Keluar darah dari liang rahim pada masa kehamilan kurang dari 28 minggu atau 7 bulan, kemungkinan terjadi keguguran. Ancaman keguguran yang masih awal dapat dibendung dengan perawatan khusus, agar janin selamat sampai cukup bulan. Namun akan gagal mempertahankan kehamilan jika perdarahan telanjur banyak dan berlebihan.

Keluar darah pada kehamilan yang lebih tua, kemungkinan ada gangguan pada air-ari. Keluar darah dapat disertai rasa nyeri mulas melilit di perut bawah, bisa juga tidak. Keluarnya darah dengan rasa nyeri disertai keluarnya lendir, apalagi jika sampai keluar air ketuban (menyerupai air seni), tergolong keadaan gawat darurat kehamilan. Ibu harus segera dilarikan ke rumah sakit, mencegah seberapa mungkin dalam 24 jam kehamilan masih dapat dipertahankan.

12. Kehamilan terganggu
Jika pada kehamilan muda (6-10 minggu) atau kurang dari dua setengah bulan keluar perdarahan dari liang rahim, disertai nyeri, mulas melilit di perut bawah, selain kemungkinan keguguran, dapat juga sebab kehamilan yang terganggu (KET atau Kehamilan Ektopik Terganggu).

Normalnya, kehamilan tumbuh di dalam rongga rahim. Namun, tidak demikian dengan kehamilan yang tersasar ke tempat tumbuh yang lain. Kehamilan di luar rahim disebut kehamilan ektopik (ectopic pregnancy), yang dapat terjadi di saluran telur, indung telur, atau di mana saja di luar rahim. Kehamilan di luar rahim dapat saja selamat sampai kehamilan cukup bulan, namun lebih sering mengalami gangguan. Jika kehamilan yang tersasar sampai terganggu, terpaksa anak harus dikeluarkan kendati belum cukup bulan.

13. Keluar darah setelah kehamilan 28 minggu
Jika keluar darah setelah kehamilan 28 minggu atau 7 bulan, kemungkinan ada gangguan pada ari-ari. Kalau bukan luruhnya ari-ari dari perlekatannya pada dinding rahim (solutio placentae), kemungkinan lain adalah mengelupasnya sebagian tepi ari-ari dari dinding rahim lantaran lokasi perlekatannya berada di sekitar mulut rahim (placentae praevia). Keduanya tergolong gawat darurat yang memerlukan pertolongan rumah sakit segera.

14. Keluar cairan ketuban
Ketuban atau bungkus bayi dalam kandungan tidak boleh pecah sebelum tiba waktunya persalinan. Jika sampai pecah, berarti cairan ketuban akan tumpah keluar dari liang rahim, dan anak yang seharusnya terlindung steril di dalamnya terancam bahaya tercemar oleh bibit penyakit dari dunia luar. Keadaan ini disebut Ketuban Pecah Dini (KPD), yakni keluar cairan menyerupai air seni tapi tak berbau pesing, sebelum merasa mulas-mulas tanda awal persalinan.

Adakalanya, cairan ketuban tidak bening lagi, melainkan sudah kehijau-hijauan, tanda sudah terinfeksi kuman dari luar. Infeksi cairan ketuban mengancam janin yang terbungkus di dalamnya. Ini pun tergolong gawat darurat. Janin perlu diselamatkan agar tidak sampai menderita infeksi di dalam kandungan ibunya.

------------------------------------------------------------------------------------------------

Inilah 10 Perubahan Fisik, Setelah Anda Melahirkan Normal

Sejak hamil hingga usai melahirkan, tubuh wanita mengalami perubahan yang sangat hebat. Terutama setelah melahirkan normal, tubuh akan mengalami perubahan untuk menyesuaikan diri kembali ke keadaan sebelum hamil. Menurut dr Suririnah, dalam bukunya, Buku Pintar Merawat Bayi 0-12 Bulan, periode pascapersalinan ini akan terjadi selama 6 minggu pertama usai melahirkan. Kebanyakan wanita akan merasakan ketidaknyamanan. Penting untuk para wanita mengetahui hal-hal apa saja yang kemungkinan akan ia rasakan pada periode tersebut untuk mengantisipasi agar tak terlalu terkejut saat menjalaninya.

1. Episiotomi (pengguntingan di daerah perineum)
Bila mendapat episiotomi, Anda akan mengalami rasa nyeri di daerah perineum (antara vagina dan anus). Jahitan, robekan, atau luka yang terasa sangat tidak nyaman. Sebaiknya terus menjaga daerah tersebut tetap bersih dan kering dengan mengganti pembalut beberapa kali sehari.

2. Cairan yang keluar dari vagina
Lokia adalah sebuah kondisi perdarahan usai proses persalinan, baik normal maupun caesar. Perdarahan ini mirip menstruasi, namun keluar lebih banyak di hari-hari usai persalinan dan secara bertahap jumlahnya akan berkurang. Lokia umumnya terjadi sekitar 2-3 minggu atau lebih dari 6 minggu usai persalinan. Hal ini adalah keadaan yang normal dan merupakan cara tubuh secara alamiah mengeluarkan sisa darah, lendir, dan sisa jaringan yang tertinggal di dalam rahim.

3. Rasa sakit seperti menstruasi
Usai proses persalinan, akan terasa kram pada perut seperti yang terjadi saat menstruasi. Hal ini terjadi karena ada semacam kontraksi untuk mengembalikan rahim ke ukuran dan bentuk semulanya, dan membantu otot rahim menekan pembuluh darah yang terbuka akibat pelepasan plasenta dari dinding rahim. Rasa kram ini akan meningkat beberapa saat setelah persalinan sampai beberapa hari, juga pada saat memberi ASI, karenya saat menyusui akan merangsang hormon oksitosin yang berfungsi dalam kontraksi rahim. Jangan menahan kencing karena kandung kemih yang penuh bisa menyebabkan rahim tak berkontraksi efisien.

4. Wasir
Wasir (hemoroid) seringkali timbul saat kehamilan dan biasanya menghilang tanpa pengobatan usai persalinan. Wasir terbentuk karena pembesaran vena di bagian bawah rektum dan anus. Cegah agar tak terjadi sembelit dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat dan minum yang cukup.

5. Payudara yang mengencang dan membesar
Dalam dua hari pertama usai persalinan, payudara akan menghasilkan kolostrum, cairan berwarna kekuningan, yang kaya akan nutrisi untuk bayi. Pada saat ini, payudara akan terasa mengencang dan membesar. Pilihlah bra khusus ibu menyusui yang nyaman dan bisa membantu mempermudah proses menyusui.

6. Rambut rontok
Selama kehamilan, tubuh mengalami perubahan hormon yang cukup banyak. Karena pengaruh hormon tersebut, rambut tumbuh lebih banyak dan lebih kuat. Namun, setelah persalinan hingga 6 bulan setelahnya, tubuh akan membuang kelebihan rambut tersebut dan kembali ke keadaan semula.

7. Berat badan
Seusai proses persalinan, berat badan akan berkurang 5-7 kg dan dalam minggu pertama, berat badan akan mengurangi 1-3 kg lagi dari timbunan cairan yang terjadi selama kehamilan. Jumlah penurunan berat badan tergantung berapa banyak pertambahan berat badan Anda selama kehamilan.
8. Menstruasi
Untuk ibu yang memberi susu formula kepada bayinya, menstruasi akan mulai kembali pada 6-8 minggu setelah proses persalinan. Bagi yang memberi ASI eksklusif, menstruasi tak akan terjadi sampai beberapa bulan. Walau menstruasi tidak terjadi, selalu ada kemungkinan untuk terjadi kehamilan, karena produksi sel telur tak pernah bisa ditentukan.

9. Stres inkonsistensia urin (tak dapat menahan air kencing)
Jika saat kehamilan Anda sudah merasakan kesulitan mengkontrol buang air kecil, biasanya akan mengalami kesulitan yang sama usai persalinan. Bagi beberapa wanita hal ini akan terjadi sementara, namun bagi sebagian wanita lainnya, hal ini bisa jadi menetap. Hal ini bisa dibantu diatasi dengan latihan kegel selama kehamilan.

10. Seks usai jahitan
Karena adanya perdarahan dan jahitan, kemungkinan untuk bisa kembali melakukan hubungan seksual adalah sekitar 4-6 minggu usai persalinan. Kebanyakan wanita akan merasa tak nyaman, sebaiknya bicarakan dengan pasangan mengenai hal ini agar ia tak merasa ditolak. Komunikasi secara terbuka diperlukan untuk menjaga hal ini. Kehamilan bisa terjadi pada masa ini. Bicarakanlah pada dokter Anda untuk metode penundaan kehamilan usai persalinan ini.

( Info Net )

Poskan Komentar

Silahkan beri komentar dengan bijak dan sesuai dengan topik artikel, karena semua komentar akan saya moderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Thanks :)

Salam Damai

 

Komentar

Video Streem

Cek Zodiak & Shio

Tahun
Bulan
Tanggal
Zodiak:
Shio:

Paranormal Indonesia